Selamat Datang di BlogBari...Mari Kita Jaga dan Lestarikan Lingkungan Kita mulai Dari Diri Sendiri...

Thursday, May 6, 2010

RESPONS PERTUMBUHAN SEMAI JATI (Tectona grandis L.F) TERHADAP PENGAPURAN DAN PEMUPUKAN FOSFOR PADA MEDIA ULTISOL

Tanaman jati memiliki kualitas tanaman dengan nilai ekonomis yang tinggi. Indonesia umumnya didominasi oleh jenis tanah yaitu Ultisol, begitu juga di Propinsi Bengkulu. Untuk mencapai hasil yang optimal pada masa awal pertumbuhan jati perlu dilakukan usaha dalam mempertahankan perkembangan tanaman jati pada media Ultisol. Salah satunya dengan pengapuran dan pemupukan P yang tepat yang diberikan pada media Ultisol. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan respons pertumbuhan semai jati (Tectona grandis L.F) terhadap pengapuran dan pemupukan fosfor pada media ultisol.

Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2004 sampai Februari 2005 di Jl. Zulkifli Kelurahan Tengah Padang Kota Bengkulu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah dosis kapur (K), yang terdiri dari 0 g, 1 g, 1.5 g dan 2 g per 1000 g media Ultisol. Faktor kedua adalah dosis pupuk fosfor (P), yang terdiri dari 0 g, 1 g, 2 g dan 3 g per 1000 g Ultisol. Untuk kedua faktor perlakuan terdapat 16 ko binasi, dimana setiap kombinasi diulang 3 kali dan setiap ulangan terdiri dari 2 tanaman.

Total keseluruhan terdapat 96 tanaman. Untuk melihat pengaruh dari perlakuan  dilakukan Uji F. Bila perlakuan perlakuan berbeda nyata dilakukan Uji Lanjut DMRT pada taraf _ 5 %. Variabel yang diamati meliputi pertambahan tinggi, diameter, jumlah daun, berat segar bagian atas, berat segar bagian bawah, berat kering bagian atas, berat kering bagian bawah, volume akar, akar lateral, luas daun dan nilai kekokohan semai.

Skripsi lengkapnya download disini

No comments: